Kata-Kata Mutiara Dari Para Pahlawan Nasional Untuk Membangkitkan Semangatmu! - Flip

Kata-Kata Mutiara Dari Para Pahlawan Nasional Untuk Membangkitkan Semangatmu!

Kumpulan kata-kata mutiara dari para pahlawan nasional yang bisa menjadi sumber inspirasi.

kode-bank-gratis


Kata-kata mutiara kadang dibutuhkan saat seseorang tengah mengalami penurunan motivasi. Selain memberikan motivasi untuk diri sendiri, kata-kata mutiara juga merupakan barang berharga yang tak lekang oleh waktu. Oleh sebab itu, tak jarang jika kata-kata tersebut sudah ada sejak lama bahkan sebelum kamu lahir.

Maka tak heran, ada banyak kata-kata mutiara yang dikutip dari para pahlawan nasional kita. Dimana kata-kata mutiara tersebut memiliki konteks bagaimana para pahlawan nasional kita membangkitkan semangat pejuang dalam rangka merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Selain pergi ke toko buku untuk membaca buku sejarah pahlawan nasional dan menemukan kata-kata mutiara didalamnya, kamu juga kumpulan kata-kata mutiara tersebut di internet. Tanpa perlu berpanjang kata, berikut kami kumpulkan kata-kata mutiara untuk membangkitkan semangatmu disini!


Berikut adalah kata-kata mutiara yang berasal dari tokoh-tokoh pahlawan nasional Indonesia. Selain akan menginspirasi, tentu saja kamu akan terbangkitkan semangatnya karena mengingat perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan:

  • Tuhan tidak akan pernah mengubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu mengubah nasibnya sendiri (dikutip dari salah satu pidato Bung Karno)
  • Pattimura-pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura-pattimura muda akan bangkit (dikutip dari salah satu pidato penyemangat pahlawan Pattimura)
  • Kemerdekaan nasional bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya (Sutan Syahrir)
  • Dalam buku biografinya, HOS Tjokroaminoto pernah mengatakan: Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah layaknya wartawan dan berbicaralah layaknya seorang orator.
  • Jika orang lain bisa, saya juga bisa. Mengapa pemuda-pemudi kita tidak bisa, jika menang mau berjuang (Abdul Muis)
  • Kurang cerdas masih dapat diperbaiki dengan belajar, pun kurang cakap dapat dihilangkan dengan banyak pengalaman. Akan tetapi jika tidak jujur itu sulit diperbaiki (Bung Hatta)


Selain kata-kata mutiara yang berasal dari para pahlawan nasional laki-laki, ada pula kata-kata mutiara yang berasal dari pahlawan nasional perempuan. Salah satunya adalah kutipan kata-kata mutiara dari Raden Ajeng Kartini berikut ini:

Banyak hal di dunia ini yang bisa menjatuhkanmu. Akan tetappi, satu-satunya hal yang benar-benar bisa membuatmu jatuh adalah sikapmu sendiri (Raden Ajeng Kartini)

Sangat dalam sekali bukan kata-kata mutiara dari Raden Ajeng Kartini tersebut? Secara tersirat, Raden Ajeng Kartini ingin menyampaikan pesan bahwa seburuk dan sesulit apapun masalah di dalam hidup, yang akan menjatuhkan seseorang bukanlah hal tersebut. Akan tetapi yang akan membuat seseorang jatuh adalah sikapnya sendiri. Disini kita akan belajar bahwa pengendalian sikap serta kontrol diri selain akan membantu menyelesaikan masalah juga akan membuat seseorang jadi lebih dewasa.


Selain kata-kata mutiara yang berasal dari para pahlawan nasional, kamu juga bisa menemukan sendiri beragam kata-kata mutiara tanpa nama namun memiliki dampak positif untuk mendongkrak semangatmu. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Jika kehidupan terasa seperti buah lemon yang asam, maka buatlah minuman segar darinya.
  • Bermimpilah dalam hidup, bukan hidup dalam mimpi.
  • Dunia berisi orang baik. Jika kamu tidak bisa menemukan mereka, maka jadilah satu-satunya orang baik itu.
  • Yang datang pasti lebih baik dibandingkan dengan yang telah hilang


Demikianlah beberapa kutipan kata-kata motivasi baik yang berasal dari pahlawan nasional maupun dari yang tersebar di media sosial. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu makin bersemangat lagi untuk mengejar mimpi dan mencapai hal-hal hebat, dan jadi pribadi lebih baik dalam hidupmu ya!