Jenis-jenis Transfer Uang Yang Harus Kamu Tahu! - Flip

Jenis-jenis Transfer Uang Yang Harus Kamu Tahu!

Langkah transfer uang bagi nasabah bank maupun kamu yang tidak memiliki rekening bank!

kode-bank-gratis


Transfer uang di jaman yang penuh transaksi online seperti saat ini ternyata jenisnya sangatlah banyak. Selain cepat, bank-bank pun memfasilitasi kemudahan bagi nasabahnya yang ingin menggunakan layanan tersebut, baik secara individu maupun secara kolektif.

Selain transfer uang secara online dengan menggunakan rekening bank atau kartu kredit, ternyata ada juga loh jenis transfer uang lainnya. Penasaran apa saja jenis-jenis transfer uang yang ada? Yuk simak ulasan berikut!

Biasanya, seseorang yang melakukan transfer uang adalah orang yang sudah punya rekening di suatu bank. Namun bagaimana dengan orang di desa atau pinggiran kota yang belum punya rekening tapi ingin melakukan transfer uang?

Nah ternyata, setidaknya di Indonesia ada 3 jenis transfer uang yang bisa kamu gunakan. Yang pertama adalah transfer uang antar rekening bank (transfer biasa), yang kedua adalah transfer antara pemilik rekening ke penerima yang tidak memiliki rekening bank, dan yang terakhir adalah transfer uang tanpa menggunakan rekening bank.


1. Transfer uang antar rekening bank

Dalam dunia perbankan, jenis transfer uang yang satu ini adalah hal yang paling sering digunakan. Baik ke rekening yang sama maupun ke rekening yang berbeda, kamu dapat melakukan beragam transaksi tersebut. Namun jika kamu melakukan transfer uang ke bank yang berbeda, kamu biasanya akan dikenakan biaya admin sebesar 6.500 rupiah.

Jika kamu tak ingin dikenakan biaya transaksi tersebut, kamu bisa loh menggunakan aplikasi tak berbayar untuk transfer uang. Salah satu aplikasi tersebut adalah Flip. Jika kamu tertarik untuk mencoba, kamu bisa langsung unduh di sini ya!


2. Transfer uang dari pengirim yang belum punya rekening ke penerima yang punya rekening bank

Untuk jenis transfer uang kedua ini, cara yang paling umum untuk dilakukan adalah dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat di daerahmu. Selanjutnya, kamu akan mengisi dokumen atau formulir transfer yang berisi rekening tujuan serta nominal yang akna kamu transfer.

Lalu kamu akan dipanggil oleh teller, yang selanjutnya transfer uang akan diproses. Untuk melakukan proses ini, kamu akan dibebankan biaya administrasi untuk pengiriman uang.


3. Transfer uang tanpa rekening bank

Jenis transfer ketiga ini adalah transfer uang yang dilakukan dimana pengirim dan penerima tidak memiliki rekening bank. Cara pertama untuk melakukan transaksi ini adalah kamu bisa datang langsung ke bank terdekatmu untuk melakukan transfer ke penerima yang tidak punya rekening.

Cara kedua adalah melalui wessel pos. Disini, kamu akan menemui cara yang mirip dengan proses transfer di bank. Hanya saja kantor yang kamu datangi adalah kantor pos terdekatmu. Caranya pun hampir sama yakni dengan mengisi formulir transfer uang, tujuan pengiriman, lalu membayar biaya pengiriman, dan terakhir adalah tanda tangan dan simpan struk pembayaran. Penerima transfer uang ini harus mengambil uangnya di kantor pos juga.

Cara terakhir adalah dengan datang ke penyedia jasa transfer uang western union (WU). WU ini digunakan jika kamu ingin melakukan transfer uang ke luar negeri dan sebaliknya. Dengan banyaknya transaksi bisnis terbuka seperti saat ini, banyak orang yang memanfaatkan jasa transfer uang ini karena selain cepat dan mudah, jasa transfer uang ini terbukti aman dan sampai dengan tepat ke rekening tujuan yang kamu transfer uangnya.