Cara Mudah Cek Tagihan Listrik untuk Kebutuhan Listrik Pascabayarmu! - Flip

Cara Mudah Cek Tagihan Listrik untuk Kebutuhan Listrik Pascabayarmu!

Tiga cara paling mudah untuk cek tagihan listrik!

kode-bank-gratis


Sebagai kebutuhan harian, listrik dan cara cek tagihan listrik tentu jadi sangat diperlukan oleh masyarakat. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, hampir semua bentuk transaksi termasuk cara cek tagihan listrik sudah bisa dilakukan secara online, sehingga akan menghemat waktu dan kamu tak perlu datang ke kantor PLN terdekat.


Terutama jika kamu adalah pelanggan yang masih menggunakan sistem listrik pascabayar, kamu akan sangat membutuhkan informasi tentang cara cek tagihan listrik. Hal ini dikarenakan listrik pascabayar masih menggunakan sistem tagihan per bulan, dan pembayaran dilakukan setelah pemakaian sehingga kamu perlu tahu berapa biaya yang kamnu keluarkan.


Tak perlu datang langsung ke kantor atau loket PLN, kamu bisa dengan mudah cek tagihan listrikmu dengan cara-cara berikut ini!


1. Dengan mengunjungi website resmi PLN

Cara mudah pertama untuk mengecek tagihan listrik pascabayarmu adalah dengan melalui website PLN. Caranya:

  1. Buka http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php
  2. Masukkan nomor ID pelanggan pada kolom pelanggan
  3. Klik ‘setuju’
  4. Website akan menampilkan nama, ID pelanggan serta tagihan listrik untuk bulan berjalan


2. Dengan mengirim SMS ke 8123

Cara mudah kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan listrik adalah dengan mengirim SMS ke 8123. Meskipun berbayar, menu layanan cek tagihan listrik ini tetap jadi primadona karena selain cepat juga mudah melakukannya.

Cara mengecek tagihan listrikmu dengan SMS adalah:

  1. Ketik REK <spasi> NO ID Pelanggan
  2. Kirim ke 8123


PLN juga menyediakan layanan cek listrik bulanan dimana kamu akan mendapatkan tagihan listrik setiap bulan secara otomatis.

Caranya adalah:

  1. Ketik PLN <spasi> ON <spasi> Nomor ID Pelanggan
  2. Kirim ke 8123


Jika kamu ingin berhenti berlangganan, kamu bisa mengirim SMS dengan format berikut:

  1. Ketik PLN <spasi> OFF <spasi> Nomor ID Pelanggan
  2. Kirim ke 8123


3. Dengan menggunakan call center PLN

Cara mudah ketiga untuk cek tagihan listrik adalah dengan menggunakan call center PLN. Caranya adalah, kamu cukup menekan nomor 123 di menu panggilan telepon kamu. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan operator hingga kamu sampai pada pilihan untuk cek tagihan listrik.


Setelah itu, operator call center PLN akan dengan sigap memberitahukan informasi tentang tagihan listrik kamu bulan berjalan. Tentunya, kamu akan ditanya terlebih dahulu tentang nomor ID langganan PLN kamu untuk validasi data.


Meskipun layanan dengan telepon ini berbiaya, kamu tetap akan merasakan manfaat yang lebih loh. Karena selain tahu info tentang tagihan PLN, kamu juga dapat menanyakan informasi lain tentang tagihan listrikmu atau masalah tagihan jika kamu tengah berkendala secara langsung. Selain itu, karena layanan menggunakan telepon ini merupakan layanan 24 jam, maka kamu tak perlu khawatir jika harus menggunakan layanan ini malam-malam karena masih tetap akan tersambung.


Jika kamu menggunakan layanan ini melalui telepon selular, jangan lupa untuk memasukkan kode area terlebih dahulu ya. Contohnya adalah jika kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, maka nomor telepon yang harus kamu masukkan adalah 021-123.


Demikianlah tiga cara mudah untuk cek tagihan listrik pascabayarmu. Seperti yang telah diketahui bersama, tagihan pascabayar rawan akan kelebihan bayar akan penggunaan yang berlebihan. Sehingga, kamu akan sangat terbantu dengan adanya layanan cek tagihan ini untuk tahu pemakaian listrikmu!